TAFSIR SURAH AN-NASR (Tafsir Ibnu Katsir)

RESUME TAFSIR AL QUR’AN SURAH AN NASHR

Ta’lim Sabtu pagi Mesjid Ar-Rachmat cendrawasih

Bersama Ustad Zaenal Abidin

Penulis Ade Haris

1. Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,
2. Dan kamu Lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong,
3. Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.

Seluruh Ulama Tafsir bersepakat bahwa Surah An Nashr ini merupakan Surah Madaniyyah walaupun turun di Mekkah yaitu pada saat Haji Wada. Dan ini menjadi dalil bahwa Surah Madaniyah tidak selalu turun di kota Medinah.

Imam Ibnu Abi Hatim di dalam tafsir Al Qur’anul Azhim menurunkan suatu riwayat, tidaklah seorang Nabi diberikan umur dakwah separuh dari umur dakwah Nabi sebelumnya. Dakwah Nabi Isa  berumur 40 tahun. Dan Rasullullah mempunyai umur dakwah sekitar 20 tahunan.

Surah An Nashr merupakan tanda-tanda datangnya ajal Rasul. Sehingga Fatimah menangis setelah mendengar kabar ini namun setelah itu tersenyum setelah Nabi memberikan kabar bahwa Fatimah akan segera menyusul Nabi. Sedangkan dari kalangan istri Nabi yang paling cepat menyusul Nabi adalah Zaenab binti Jahsyi di karenakan seorang yang dermawan.

Tafsir per ayat Surah An Nashr adalah sebagai berikut :

Ayat pertama Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, berarti kalau sudah haq datang maka batil akan hancur. Tetapi bukan berarti pelaku kebatilan akan hancur setelah datang haq, maksudnya dalil yang benar maka kebatilan tidak akan berkutik. Kecuali makna dalil yang haq tersebut telah dipelintir makna dan tafsirnya. Seperti contoh kaum JIL menggunakan QS 2:62 untuk menggunakan sebagai dalil Maulid Nabi. Dan juga orang-orang yang menggunakan QS 7: 189 sebagai dalil melakukan Mitoni (peringatan 7 bulan bayi). óÁtR itu dikatakan oleh ahli bahasa berarti pertolongan kemenangan yang membuat orang semangat/berapi-api. Pada surah ini, kata óÁtR Pertolongan mendahului kata x÷Gxÿø9$#ur Kemenangan, seperti yang dilakukan oleh Muhammad Al Fatih yang membuka Kontantinopel dikarenakan mempunyai aqidah yang lurus seperti tertuang dalam wasiatnya kepada anaknya. Sehingga kemenangan itu tidaklah tercapai tanpa hal tersebut. Seperti halnya Umar bin Khattab ketika memberikan nasehat kepada Saad bin Abi Waqqash ketika mengirimnya untuk berperang memaspadai maksiat karena Umar lebih khawatir daripada dikalahkan oleh musuh. Dan maksud dari ayat pertama ini adalah Fathu Makkah yang merupakan puncak kemenangan Rasullullah. Sebagaimana tercantum dalam sejarah yaitu beliau masuk ke kota mekkah tanpa menumpahkan darah penduduk Mekkah.

Ayat ke dua Dan kamu Lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, di ayat ini sebagian ahli tafsir memberikan berbagai penafsiran diantaranya orang arab, ahlu mekkah, orang arab dan yang lainnya. Ikrimah dan Muqotil mengatakan bahwa penafsirannya adalah orang-orang Yaman yang berjumlah 700 orang datang kepada Rasul untuk beriman,tunduk patuh dan masuk Islam. Diantaranya ada yang pandai adzan, baca Al Quran dan berdzikir sehingga Umar dan Ibnu Abbas menangis melihat hal tersebut. Rasul pun terlihat senang sampai wajahnya berbunga-bunga. Ada satu atsar yang dikeluarkan Imam Ahmad dalam Musnadnya dari Jabir bin Abdullah bahwa ada seorang tetangganya yang melihat Jabir bin Abdullah menangis dan menanyakan kenapa menangis. Dan Jabir mengatakan bahwa beliau mendapatkan ayat 2 dari An Nashr bahwa sekarang manusia berbondong-bondong masuk Islam suatu ketika nanti akan zaman manusia berbondong-bondong keluar dari Islam.

Setelah Rasul mendapat ayat ke tiga Surah An Nashr ini, Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat. didalam hari-hari nya beliau bersungguh-sungguh ibadah sholat tahajudnya sampai kakinya bengkak karena beliau sudah paham bahwa beliau akan kembali kepada Allah SWT. Bahkan Ibnu Abbas ketika dihadirkan dalam majelis suyronya Umar memberikan tafsir terhadap ayat ini nahwa ini adalah tan-tanda ajalnya Rasul sudah dekat.

Semoga bermanfaat

About these ads

3 thoughts on “TAFSIR SURAH AN-NASR (Tafsir Ibnu Katsir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s